4 Negara Ini Aman Dari Resesi di 2023, Termasuk RI?

4 Negara Ini Aman Dari Resesi di 2023, Termasuk RI?

DIGINOMI SUMUT I Dunia saat ini tengah ditakuti dengan ambruknya keadaan perekonomian. Kondisi ekonomi global yang semakin bergejolak, ancaman resesi, inflasi yang tinggi, hingga pengetatan likuiditas semakin memojokkan ekonomi banyak negara menuju pelemahan.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani pun mengatakan penurunan proyeksi ekonomi terjadi di semua negara baik negara maju maupun negara berkembang. Negara seperti Amerika Serikat (AS), Inggris, China dan Zona Eropa diprediksi menjadi yang sulit terhindar dari resesi.

Bank Dunia meramal perekonomian global akan menyusut hingga 1,9% poin menjadi 0,5% pada 2023. Ini adalah proyeksi dalam skenario terburuk. Kemudian, pada 2024, ekonomi dunia akan kembali menurun 1% menjadi 2,0%.

Namun, menariknya Sri Mulyani juga mengungkapkan ada negara-negara yang terbilang cukup baik ekonominya dan kuat dari guncangan resesi. Indonesia, katanya, termasuk salah satunya. “Emerging countries, seperti India, Indonesia dan Brazil, Meksiko relatif dalam situasi cukup baik,” kata Sri Mulyani, dikutip Sabtu (22/10/2022).

Dari data IMF, India diperkirakan akan tumbuh 6,8% tahun ini dan 6,1% tahun depan. Sementara itu, IMF memperkirakan Indonesia tumbuh 5,3% tahun ini dan 5% pada 2023.

Meski begitu, negara-negara itu tetap berisiko terkena efek samping resesi dari negara-negara maju. Sri Mulyani juga turut mewaspadai kondisi eksternal meski Indonesia diprediksi masih tumbuh kisaran 5% pada 2022 dan 2023.

Risiko resesi disebabkan oleh kenaikan cost of fund dan potensi default di banyak negara yang sudah memiliki rasio utang sangat tinggi. Harga komoditas yang tinggi kemudian menyebabkan inflasi melonjak.

“Seberapa banyak negara masuk krisis default yang kemudian muncul juga dalam kondisi ekonomi? Ini kondisi makin rumit. Jadi global economy semakin kompleks,” imbuhnya.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20221022093005-17-381760/4-negara-ini-aman-dari-resesi-di-2023-termasuk-ri

Intan Theresia Hutabarat

Intan Theresia Hutabarat

Analis Perencanaan Strategis di Sub Bidang Keuangan, Investasi dan Aset Bappeda Provsu

Previous Waspadai Risiko Resesi Global, Pemerintah Kendalikan Inflasi hingga Jaga Pasokan Pangan

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved