Harga Cabai Merah di Sumut Anjlok karena Faktor Akhir Masa Panen

Harga Cabai Merah di Sumut Anjlok karena Faktor Akhir Masa Panen

Diginomi | Medan. Harga cabai di Sumatera Utara anjlok pekan ini. Bahkan, beberapa pasar di Kota Medan menjual cabai merah di bawah harga Rp 30 ribuan per kg.

Petani cabai asal Deli Serdang, Relly mengatakan cabai merah di tingkat petani berada di harga Rp 15 ribu per kg. Dia menyebut penurunan harga ini sudah terjadi dalam seminggu terakhir.

“Kalau yang di bawah Rp 20 ribu kita rasakan dalam satu minggu ini. Kalau normal di bulan September itu masih seharga Rp 38-43 ribu,” ungkap Relly kepada detikSumut, Selasa (18/10/2022)

Cabai merah di pasar tradisional (Nizar Aldi/detikSumut)

Relly menjelaskan penurunan harga ini terjadi lantaran sudah memasuki masa akhir panen, sehingga kualitas cabai dari Deli Serdang mengalami penurunan.

“Panen cabai ini kan sudah mulai habis, jadi menurun kualitasnya bukan yang super lagi. Ini tinggal sisa panen lah, paling 2-3 panen lagi habis ini dalam seminggu ini. Habis itu kita mulai garap lahan untuk tanam lagi,” ujarnya.

Melihat fenomena ini, Ekonom Sumut Gunawan Benjamin menuturkan bahwa penurunan harga cabai merah dalam seminggu terakhir akan menyumbang kemungkinan deflasi.

“Harga cabai baik itu cabai merah dan cabai rawit akan memberikan sumbangan deflasi di bulan ini. Dan secara keseluruhan sejauh ini pada bulan Oktober, Sumut lebih condong untuk membentuk deflasi. Untuk harga cabai sendiri juga akan menyentuh titik terendahnya di bulan ini,” jelas Gunawan.

Terkait hal ini, Gunawan menyarankan agar petani dapat mengatur masa waktu hasil panen dan bekerjasama dengan pedagang besar.

“Dalam konteks ini pedagang besar yang memberikan arahan berapa pasokan yang bisa dipenuhi per hari agar harga tidak terlalu jatuh. Karena saya melihat harga cabai akan menemui titik terendahnya di bulan ini. Jangan sampai harga titik terendah tersebut justru merugikan petani nantinya,” pungkasnya.

Pewarta : Kartika Sari

Sumber: https://www.detik.com/sumut/bisnis/d-6355186/harga-cabai-merah-di-sumut-anjlok-karena-faktor-akhir-masa-panen

Ganda Sibarani

Ganda Sibarani

Staf Bidang Perencanaan Ekonomi, Kemaritiman, dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Percepat Sosialisasi TV Digital, Kominfo Dorong Peran Swasta

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved