Hadapi Krisis Pangan, Gubsu Minta ASN Tanam Cabai di Pekarangan Rumah

Hadapi Krisis Pangan, Gubsu Minta ASN Tanam Cabai di Pekarangan Rumah

Diginomi | Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi memprediksi selama tiga bulan kedepan Sumut akan mengalami krisis pangan. Edy meminta seluruh masyarakat, termasuk AS dan TNI-Polri agar menanam cabai di pekarangan rumah.

Himbauan Gubsu untuk bertanam Cabai

“Prediksi saya, prediksi dari BI, prediksi dari ekonom-ekonom kita, di bulan 11, bulan 12, kita akan krisis pangan, di antaranya adalah bawang merah, cabai merah, cabai rawit,” kata Edy usai melantik 123 Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Pemprov Sumut, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Jumat (3/9).

Menghadapi krisis pangan tersebut, Edy mengaku sudah menginstruksikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumut menanam tanaman pangan di pekarangan rumah.

Ia meminta agar para ASN menanam cabai merah dan cabai rawit minimal di 10 polybag pada pekarangan rumah masing-masing. Instruksi tersebut sudah disampaikan kepada Sekdaprov Sumut, Pejabat Eselon II hingga Staf Ahli.

“Kalian dengar ini semua, seluruh ASN di rumahnya harus ada polybag-polybag minimal 10, untuk menanam cabai merah dan cabai rawit,” ujar Edy.

Mantan Pangkostrad ini, menegaskan semua ASN harus menurutinya. Kepada personel TNI dan Polri juga, ia berharap gerakan menanam cabai merah dan cabai rawit minimal dalam 10 polybag itu dapat dilakukan.

Hal itu kata Edy sangat penting, sebab saat ini Sumut masih kekurangan bahan pangan. Apalagi menurut Edy, kurangnya bahan pangan ini diduga akibat ulah para tengkulak yang membuat stok surplus tapi ketersediaan terbatas di pasar-pasar tradisional.

Sehingga dampaknya kata Edy, membuat harga kebutuhan pokok menjadi mahal dan memicu inflasi meningkat di tingkat provinsi. Atas hal itu, ia mengatakan harus diambil langkah untuk mengintervensi permainan para tengkulak.

“Ini kelemahan yang perlu kita evaluasi, memang kelihatan saat terjadi krisis. Kalau sedang baik-baik saja, ini tidak terlihat,” pungkasnya. (wol/man/d2)

Editor: AGUS UTAMA

Sumber: http://redaksi.waspada.co.id/v2021/2022/09/hadapi-krisis-pangan-gubsu-minta-asn-tanam-cabai-di-pekarangan-rumah/

Previous Ekonomi Digital Makin Kuat Memasuki Masa Endemi

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved