Menkominfo Dorong Pemanfaatan Web 3.0, Bisa Jadi Nilai Tambah Ekonomi Digital

Menkominfo Dorong Pemanfaatan Web 3.0, Bisa Jadi Nilai Tambah Ekonomi Digital

Diginomi | Liputan6.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mendorong pemanfaatan teknologi Web 3.0. Menurutnya, prospek pemanfaatan Web 3.0 akan menciptakan nilai tambah lebih bagi masa depan ekonomi digital Indonesia.

Johnny G. Plate, dalam Pembukaan NXC International Summit 2022 di Merusaka Hotel Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (31/8/2022) menilai, keberadaaan teknologi Web 3.0 menarik bagi pengembangan ekosistem digital nasional.

“Masa depan khas Web 3.0 telah menawarkan terobosan dalam ranah digital yang terkait dengan teknologi blockchainmetaverse, dan konsep relevan lainnya seperti identitas digital,” seperti dilansir siaran pers.

Internet (sumber: Pixabay)

Menkominfo mengungkapkan, Indonesia adalah negara dengan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara, dengan valuasi USD 70 miliar pada tahun 2021, dan diproyeksikan tumbuh hingga USD 315,5 miliar di 2030.

Menurut Johnny, keberadaan teknologi Web 3.0 menjadi peluang yang menarik. Dia mengatakan, perkembangan saat ini menunjukkan, perusahaan teknologi startup di sektor Web 3.0 Indonesia bisa bersaing di tingkat internasional.

“Merupakan peluang menarik untuk memanfaatkan potensi teknologi Web 3.0,” kata Menkominfo.

Dia memberikan contoh, salah satu pencapaian yang patut dicatat adalah pencatatan lima paten global yang menandai penemuan dan inovasi grup WIR di bidang teknologi digital.

Menkominfo juga mengatakan, generasi pertama dari Web 3.0 yang dikenal dengan teknologi blockchain, bisa menyediakan jaringan terdesentralisasi dan dapat dioperasikan semua orang menggunakan teknologi terkini.

Dorong Anak Bangsa

Hasil studi terbaru, ukuran pasar global Web 3.0 yang mencapai USD 3,2 miliar di tahun 2021, diproyeksikan akan mencapai USD 8,5 miliar pada tahun 2030.

Menurut Kemkominfo, potensi ini bisa dioptimalkan dengan ketersedian infrastruktur digital yang sudah dibangun pemerintah.

Infrastruktur tersebut berupa jaringan backbone fiber optic, jaringan middle mile berupa satelit berkapasitas besar (ultra-high throughput satellite), dan the last mile berupa Base Transceiver Station (BTS).

Johnny lalu mengatakan, Kementeriannya akan terus mendorong anak bangsa mewujudkan peluang yang besar, dengan membangun ekosistem teknologi secara komprehensif.

“Kominfo sebagai regulator, fasilitator, dan akselerator, untuk upaya transformasi digital, berusaha menggelar infrastruktur digital agar lebih merata untuk semua orang di setiap bagian nusantara,” ujarnya.

Johnny mengungkapkan, salah satu langkah yang diambil Kementerian Kominfo adalah kebijakan responsif untuk fokus dan mendorong pengembangan data center. Menurutnya, data punya peran penting di setiap inovasi digital.

“Oleh karena itu, dengan bersama perusahaan teknologi, Kominfo membangun empat Pusat Data Nasional atau cloud pemerintah,” pungkasnya.

Pewarta :  Giovani Dio Prasasti

Sumber : https://m.liputan6.com/tekno/read/5057493/menkominfo-dorong-pemanfaatan-web-30-bisa-jadi-nilai-tambah-ekonomi-digital

Previous Sinergi Bank Indonesia dan TPID Provinsi Sumatera Utara Dukung Pengendalian Inflasi Pangan

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved