ITF Pamerkan Transformasi Digital Indonesia di 4th DEWG

ITF Pamerkan Transformasi Digital Indonesia di 4th DEWG

Jakarta, CNBC Indonesia – Industry Task Force (ITF) menampilkan adopsi teknologi digital Indonesia kepada seluruh delegasi G20 dalam 4th Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia Meeting di Bali. Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif mengatakan bahwa ITF akan menampilkan gambaran transformasi digital Indonesia dari berbagai sektor yang meliputi empat pilar transformasi digital.

Empat pilar tersebut yakni infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital melalui 12 booth dari 12 perusahaan dan dua instansi pemerintah.

“Metaverse yang berbasis teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI) akan memerlukan kesiapan jaringan dan kapasitas yang mampu mendukung platform internet berbasis teknologi Web 3.0,” terangnya dikutip dari siaran resmi, Selasa (30/8/2022).

Untuk itu, pihaknya akan selalu memberikan dukungan untuk tumbuhnya ekosistem dan memberikan kontribusi pengembangan teknologi web 3.0 guna mendukung platform Metaverse Indonesia yang akan ditampilkan saat Presidensi G20.

Tidak hanya pengembangan teknologi, dia juga mengatakan bahwa APJII memiliki peran penting dalam menghadirkan interkonektivitas, mengembangkan mekanisme operasional, teknis dan administratif untuk menjamin distribusi sumber daya internet di Indonesia.

“Kami di APJII dituntut untuk terus mengembangkan kemampuan jaringan dan koneksi internet, sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat dari perkembangan teknologi digital dan selalu in-tune dengan tren global serta memperoleh benefit yang maksimal,” jelasnya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang juga Ketua Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia, Mira Tayyiba mengungkapkan kerja sama berbagai pihak, sebagai pelaku industri digital merupakan salah satu bentuk kolaborasi untuk pengembangan ekosistem digital nasional

Hal ini juga menjadi sebagai bentuk dukungan komitmen pemerintah dalam mewujudkan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan dan berkelanjutan.

“Teknologi digital telah menjadi komponen utama dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk mempercepat transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” pungkasnya.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220830170711-37-367831/itf-pamerkan-transformasi-digital-indonesia-di-4th-dewg. Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia

Tarsudi

Tarsudi

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Kemnaker Buka Magang Online di Startup dan UKM, Lulusan SMA-SMK Bisa Daftar!

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved