Kabar Baik, Ekonomi Sumut Tumbuh 4,33 Persen di Semester I 2022

Kabar Baik, Ekonomi Sumut Tumbuh 4,33 Persen di Semester I 2022

Diginomi | detikSumut. Akselerasi ekonomi Sumatera Utara (Sumut) pada paruh pertama tahun ini mulai membaik. Pada semester I tahun ini, ekonomi Sumut mampu tumbuh 4,33 persen.
Sebelumnya, laju pertumbuhan ekonomi Sumut terseok-seok dihantam pandemi COVID-19. Pada semester I 2020 misalnya, ekonomi Sumut terkontraksi 0,70 persen. Sebagian sektor produksi maupun konsumsi mencatatkan penurunan kinerja.

“Ekonomi pada semester I ini mengalami pertumbuhan 4,33 persen. Peningkatan ini cukup tinggi jika dilihat dari awal pandemi pada Semester I 2020 yang terkontraksi 0,70 persen,” ungkap Kepala BPS Sumut Nurul Hasanudin, Jumat (5/8/2022).
Dikatakan Nurul, pertumbuhan ekonomi Sumut pada paruh pertama tahun ini didorong oleh pertumbuhan sektor transportasi yang berakselerasi mencaoai 9,16 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbungan tertinggi berasal dari ekspor sebesar 12,34 persen.

Seluruh sektor lapangan usaha juga terlihat mulai membaik dan tumbuh positif. Sektor pertanian masih menjadi andalan Sumut dalam mendongkrak ekonomi. Sektor tumbuh 5,13 persen.

Industri pengolahan juga tumbuh 1,36 persen seiring naiknya permintaan pasae, begitu juga dengan kinerja di sektor perdagangan tumbuh 6,28 persen dan konstruksi tumbuh sebesar 2,65 persen.

“Pandemi COVID-19 pada tahun-tahun sebelumnya berdampak signifikan pada beberapa lapangan usaha. Namun seiring pemulihan ekonomi yang masih berlangsung, pertumbuhan ekonomi pada tahun 2022 sudah tumbuh positif,” jelas Nurul.

Infografis Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara Triwulan II-2022

Laju ekonomi Sumut ini juga masih dalam rentang target yang ditetapkan pemerintah dan Bank Indonesia (BI). Ekonomi Sumut memang ditarget tumbuh moderat di angka 3,5-4,3 persen.

BI meyakini, dengan membaiknya ekonomi masyarakat serta indikator perekonomian lainnya, perbaikan ekonomi Sumut akan tetap berlanjut.

“Pemulihan ekonomi nasional dan Sumut diyakini tetap berlanjut karena BI juga mendukung dengan berbagai kebijakan dan program,”ucap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Doddy Zulverdi.

Pewarta : Kartika Sari

Sumber : https://www.detik.com/sumut/bisnis/d-6218191/kabar-baik-ekonomi-sumut-tumbuh-433-persen-di-semester-i-2022

Ganda Sibarani

Ganda Sibarani

Staf Bidang Perencanaan Ekonomi, Kemaritiman, dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Semester I-2022 Capai 5,23 Persen

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved