Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala III Tahun 2022 Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK)

Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala III Tahun 2022 Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK)

DIGINOMI I SUMUT, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menggelar konferensi pers hasil rapat berkala III tahun 2022 pada hari senin tanggal 01 Agustus 2022.

Pada konferensi pers tersebut Sri Mulyani Menteri Keuangan RI sekaligus koordinator mengungkapkan bahwa Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) berada dalam kondisi yang masih terjaga di tengah tekanan perekonomian global yang meningkat, sebagai akibat berlanjutnya perang di Ukraina dan tekanan inflasi global serta respon pengetatan kebijakan moneter global yang lebih agresif, Daya tahan atau resiliensi Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) dalam triwulan II tahun 2022 menjadi pijakan bagi KSSK untuk tetap optimis namun juga terus mewaspadai berbagai tantangan dan resiko yang sedang dan akan terus terjadi yang kita hadapi.

Isu yang menjadi perhatian KSSK antara lain : Pertumbuhan ekonomi global yang diperkirakan lebih rendah dari proyeksi sebelumnya serta meningkatnya resiko stagflasi dan ketidakpastian pasar keuangan global menjadi perhatian dari KSSK. Tekanan inflasi global terus meningkat seiring dengan tingginya harga komoditas akibat dari berlanjutnya gangguan rantai pasok yang diperparah oleh berlanjutnya perang di Ukraina juga meluasnya kebijakan – kebijakan proteksionisme terutama di bidang pangan. Berbagai negara terutama AS telah merespon naik dan tingginya inflasi . Fenomena stagflasi yaitu inflasi tinggi yang dikombinasikan dengan kondisi perekonomian yang melemah.

Pemerintah akan terus menjaga daya tahan ekonomi Indonesia, termasuk dengan menggunakan instrument fiskal atau APBN melalui berbagai instrument yang dimiliki, termasuk belanja negara terutama  subsidi dan kompensasi yang menjadi shock absorber dari gejolak harga – harga global terutama di bidang pangan dan energi.

Pemerintah akan terus mengendalikan inflasi dan melindungi daya beli masyarakat serta menjaga momentum pemulihan ekonomi, pada saat yang sama perbaikan kondisi APBN juga ditujukan untuk terus menjaga kesehatan dan sustainablitas atau keberlanjutan fiskal dalam jangka Menengah – Panjang. Pemerintah juga akan terus menjaga stabilitas pasar surat berharga negara dengan menjaga disiplin APBN dan menjaga kredibilitas APBN dan dengan menerapkan strategi pembiayaan yang fleksibel, opurtunis namun tetap hati – hati.

Rapat KSSK ke III Tahun 2022 dilakukan pada Jumat, 29 Juli 2022 di Kementerian Keuangan RI.

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) bertugas menyelenggarakan pencegahan dan penanganan Krisis Sistem Keuangan untuk melaksanakan kepentingan dan ketahanan negara di bidang perekonomian.  KSSK terdiri dari Menteri Keuangan sebagai koordinator merangkap anggota, Gubernur Bank Indonesia sebagai anggota, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan sebagai anggota dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan sebagai anggota.

Intan Theresia Hutabarat

Intan Theresia Hutabarat

Analis Perencanaan Strategis di Sub Bidang Keuangan, Investasi dan Aset Bappeda Provsu

Previous Telkom Luncurkan Metanesia, Erick: Jangan Sampai Tertinggal

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved