UMKM di Sumut Terus Didorong Go Digital dengan Pemanfaatan Teknologi

UMKM di Sumut Terus Didorong Go Digital dengan Pemanfaatan Teknologi

Analisadaily.com, Medan – Dalam beberapa tahun terakhir, ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, telah menghadirkan berbagai program, kampanye, serta fitur, yang mendorong langkah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk kembali bangkit dari pandemi.Setelah sebelumnya ShopeePay menghadirkan ruang diskusi dengan tema ‘UMKM Maju dengan ShopeePay di Jawa Timur’, hari ini ShopeePay menjangkau para pelaku UMKM di Sumatra Utara sebagai bentuk dukungan berkelanjutan bagi UMKM.

Acara tersebut dihadiri sejumlah pembicara inspiratif dari ShopeePay, Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Medan, dan UMKM lokal Mr. Dimsum. Langkah ini pun sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM dalam menyediakan berbagai solusi dan dukungan bagi UMKM lokal agar bisa berkembang dan berdaya melalui teknologi.

Sejak pandemi, sektor UMKM yang mencakup berbagai usaha rumahan dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam mempertahankan eksistensi bisnisnya. Namun, perkembangan teknologi terbukti mampu mendukung keberlangsungan bisnis mereka secara digital.ShopeePay pun terus meningkatkan layanan dan fitur yang dapat bermanfaat bagi UMKM, salah satunya dengan peningkatan limit saldo pengguna hingga Rp 20 juta dan fitur Transfer ShopeePay yang dapat memfasilitasi pemilik usaha untuk melakukan transfer dengan bebas biaya admin dan tanpa batas kuota transfer harian, baik ke sesama pengguna ShopeePay maupun ke berbagai rekening bank.

Upaya ini tentunya dilakukan guna mendukung lebih banyak pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital, sejalan dengan upaya pemerintah yang menargetkan digitalisasi 30 juta UMKM di 2024.

Lala Eka Nilam, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Rabu (27/7) mengatakan, “UMKM merupakan pilar penting dan roda penggerak ekonomi Indonesia. Di era yang serba digital ini, masih banyak pelaku UMKM yang perlu didorong untuk mengintegrasikan usaha mereka ke ranah digital guna mendapatkan manfaat penuh dari ekonomi digital.”

“Sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM, kami secara aktif terus menjangkau pelaku UMKM di berbagai daerah di Indonesia untuk berdiskusi dan berbagi cara dalam mengoptimalkan pertumbuhan bisnis. Kami harap fitur Transfer ShopeePay dan berbagai inisiatif lainnya yang kami hadirkan bisa turut berperan pada perkembangan bisnis UMKM yang kami jangkau, khususnya di Sumatera Utara,” lanjutnya.

Upaya dalam mendorong UMKM masuk ke dalam ekosistem digital juga turut dilakukan oleh Komunitas TDA, mengingat antusiasme masyarakat dalam menggunakan berbagai layanan digital dan bertransaksi secara online semakin meningkat.

Bag Kinantan, Ketua TDA Medan 7.0 mengatakan, “Kami pun di Komunitas TDA Medan telah secara aktif menghadirkan ruang diskusi untuk berbagi pandangan mengenai tantangan yang dialami sesama pegiat usaha. Melalui Kelas Mentoring Bisnis (KMB) TDA, kami memberikan solusi dan strategi tepat bagi para anggota untuk bisa mengembangkan bisnisnya.”

“Di era digital saat ini, kunci yang harus dipegang para UMKM adalah masuk ke dalam ekosistem digital, mengadopsi berbagai layanan berbasis teknologi pada bisnis, serta pintar memanfaatkan program dan fitur yang ditawarkan oleh berbagai platform layanan digital. Dengan demikian, dukungan yang diberikan oleh penyedia layanan pembayaran seperti ShopeePay bisa membawa dampak yang positif bagi mereka serta dapat mendorong pertumbuhan bisnis mereka juga,” sambungnya.

Manfaat dari berbagai layanan berbasis teknologi digital juga turut dirasakan oleh Khairul Amri, Pemilik Mr. Dimsum yang selain menjual dimsum siap saji, kini sudah menjadi produsen dan distributor dimsum di Medan. Perjalanan Khairul Amri, atau yang akrab dikenal sebagai Ari, tidaklah mudah. Kesuksesan ini dimulai dari keberaniannya untuk mengambil peluang bisnis berjualan dimsum saat dulu masih bekerja sebagai office boy di kantor swasta. Namun, semangat Ari untuk terus berjuang, berinovasi dan berani ambil peluang kini telah membuahkan hasil. Ari mengatakan, “Sudah lebih dari lima tahun Mr. Dimsum hadir dan terus berkembang hingga kini memiliki 13 gerai dan menjadi salah satu distributor dimsum terbesar di Sumatra. Perjalanannya tentu tidak mudah, di awal merintis Mr. Dimsum, pesanan satu porsi pun saya antarkan langsung ke konsumen yang lokasinya cukup jauh.”“Semua saya lakukan untuk membangun kepercayaan mereka pada produk dan layanan Mr. Dimsum. Sampai saat ini, saya pun terus mendengarkan masukkan, saran dan kebutuhan pelanggan. Adopsi teknologi ShopeePay dan pemanfaatan layanan pesan antar makanan online ShopeeFood pun saya lakukan guna semakin memudahkan konsumen dalam memesan berbagai produk kami dari mana pun,” sambungnya.Usaha Mr. Dimsum dalam menjangkau pelanggan lebih luas tak berhenti sampai disitu.

Ari pun bercerita bahwa ia dan tim aktif melakukan promosi di Instagram dan WhatsApp. Ari mengatakan selain konsumen yang membeli ke gerai langsung, masih ada segmen konsumen yang lebih suka memesan dari Instagram dan Whatsapp, dan membayar menggunakan transfer.Kini, Ari semakin memahami bahwa ia harus menyediakan layanan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen yang beragam. Kini Ari pun mulai aktif menawarkan pembayaran menggunakan fitur Transfer ShopeePay agar konsumen bisa melakukan transfer tanpa biaya admin, tanpa batas kuota di setiap pemesanannya. Ari percaya, fitur ini dan berbagai promo ShopeePay lainnya dapat mendorong masyarakat bertransaksi dengan lebih mudah dan sering. Selain gratis biaya admin, seluruh pengguna fitur Transfer ShopeePay juga berkesempatan untuk mendapatkan total bonus miliaran dan berbagai promo spesial lainnya. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay untuk menikmati lebih banyak fitur menarik seperti ShopeePay Sekitarmu dan Transfer ShopeePay yang memberikan kemudahan Transfer Ke Mana Pun.

Sumber : https://analisadaily.com/berita/baca/2022/07/27/1032765/umkm-di-sumut-terus-didorong-go-digital-dengan-pemanfaatan-teknologi/









Tarsudi

Tarsudi

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Mulai Melek Digital, 836 Ribu UMKM di Sumut Sudah Transaksi Pakai QRIS

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved