Pelatihan SIG RPPEG Prov. Sumatera Utara

Pelatihan SIG RPPEG Prov. Sumatera Utara

Sumatera Utara memiliki luas lahan gambut yang tersebar di 9 Kabupaten dengan luasan 524.885 Ha terdiri dari 27 Kesatuan Hidrologis Gambut. Ekosistem Gambut berperan penting sebagai pelestari sumber daya air, peredam banjir dan pencegah instrusi air laut. Selain itu dari sisi ekonomi yang memberi manfaat untuk pengaturan air dan kelestarian flora dan fauna.

Melihat manfaat yang cukup luas, bukan hanya dari sisi lingkungan, sosial tetapi juga dari sisi ekonomi, maka diperlukan perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut di Sumatera Utara secara berkelanjutan, untuk itu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Bappeda Provinsi bekerjasama dengan Yayasan Konservasi Cakrawala Indonesia dan di bantu oleh Akademisi (Universitas Sumatera Utara) menyusun Dokumen RPPEG Prov. Sumatera Utara.

Dalam rangka percepatan penyusunan dokumen RPPEG Provinsi Sumatera Utara diperlukan data-data baik data spasial maupun data non spasial, untuk dilakukan Pelatihan Sistem Informasi Geografis Penyusunan Dokumen Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut di Sumatera Utara. Pelatihan ini telah dilakukan selama 2 hari mulai Selasa – Rabu tanggal 26 – 27 Juli 2022 di Fave Hotel Medan.
Hari I dilakukan Pelatihan kepada Tim Teknis Penyusunan Dokumen RPPEG Provsu. Hari II dilakukan Pelatihan kepada Bappeda dan Dinas yang membidangi Lingkungan Hidup untuk 9 Kabupaten (Asahan, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Humbang Hasundutan, Samosir, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, dan Tapanuli Selatan).

Harapannya dengan adanya pelatihan SIG ini Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten dapat mengelola data baik sosial maupun ekonomi secara spasial dan dapat mempercepat proses penyusunan dokumen RPPEG baik dari Provinsi maupun dari kabupaten.

Previous DEWG G20: Data Menjadi Kunci Membuka Pasar Digital

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved