Pembukaan W20 Indonesia Summit 2022 di Danau Toba

Pembukaan W20 Indonesia Summit 2022 di Danau Toba

Perhelatan internasional, Summit Women Twenty (W20) yang diadakan di Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumut, resmi dibuka pada Selasa (19/7). Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi turut hadir dalam acara pembukaan tersebut. Edy Rahmayadi Harap W20 di Danau Toba Hasilkan Ide Cemerlang.

Dalam sambutannya Edy menyambut baik para tokoh perempuan yang menjadi delegasi sejumlah negara dalam W20. Ia berharap pertemuan ini dapat dimanfaatkan untuk membicarakan peran perempuan melalui ide cemerlang.

“Saya berharap pertemuan W20 akan melahirkan ide-ide cemerlang. Terima kasih dan selamat datang di Danau Toba, inilah destinasi pariwisata populer kami. Semoga sukses dan semoga kita berjumpa lagi,” kata Edy.

Edy dalam kesempatan itu juga bercerita salah satu sosok perempuan dalam kehidupan militernya, yakni istri Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Devi Simatupang. Kebetulan Devi hadir dalam pembukaan W20.

“Terkhusus kakak saya, guru saya, ibu saya, Ibu Devi Simatupang. Saya begini, karena diasuh oleh beliau. Bapaknya kolonel (waktu itu) dan saya kapten. Jadi tak ada berani marahi saya, karena ada beliau. Itu kalau bicara perempuan,” ungkap Edy.

Edy Rahmayadi Harap W20 di Danau Toba Hasilkan Ide Cemerlang (1)
Pembukaan W20 di Danau Toba. Foto: Pemprov Sumut

Dalam kesempatan yang sama Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan banyak perempuan Indonesia yang menduduki posisi strategis. Sandiaga lalu berkelakar di antara sosok penting itu ada istrinya, Nur Asia, yang mengatur hidupnya. Termasuk yang meminta secara khusus agar sandi hadir di W20.

ADVERTISEMENT

“Banyak sekali tokoh perempuan di Indonesia yang punya posisi strategis. Ada menteri perempuan dan yang mengendalikan menteri juga perempuan. Akhirnya anda tahu siapa yang punya aturan dalam hidup saya,” ungkap Sandiaga disambut tawa hadirin.

Menurut Sandiaga, perempuan juga memiliki peran dalam mengembangkan pariwisata. Terkhusus untuk pengembangan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba.

Sandi optimis W20 akan membawa perbaikan dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.

Edy Rahmayadi Harap W20 di Danau Toba Hasilkan Ide Cemerlang (2)

Tarsudi

Tarsudi

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Dukung W20, Tobatenun Gelar Forum Pemberdayaan Perempuan Perajin Tenun di Sumut

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved