BPODT Sambut Gelaran W20 Summit di Danau Toba Sebagai Ajang Pamer Pariwisata dan Ekraf

BPODT Sambut Gelaran W20 Summit di Danau Toba Sebagai Ajang Pamer Pariwisata dan Ekraf

DIGINOMI | MEDAN – Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) akan menyiapkan sejumlah agenda untuk mendukung gelaran Women 20 (W20) Summit di Danau Toba. Puncak acara berskala Internasional itu rencananya akan dilaksanakan pada 19-20 Juli 2022.

Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan mengatakan pihaknya akan menjadi host event dan memanfaatkan ajang bergengsi tersebut untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) di kawasan Danau Toba.

“Ini adalah sebuah kehormatan bagi BPODT untuk turut berpartisipasi pada event internasional ini. BPODT akan menjadi host event di tanggal 20 Juli 2022, yang akan diselenggarakan di kawasan otoritatif pariwisata Danau Toba, Toba Caldera Resort, Kabupaten Toba,” kata Jimmy Panjaitan, di Medan, Selasa (12/7).

Dia menjelaskan penyelenggaraan W20 Summit akan dijadikan sebagai momentum untuk mendongkrak potensi pariwisata Danau Toba, yang diharapkan mampu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Apalagi, lanjutnya, kegiatan tersebut dihadiri oleh delegasi dari negara anggota 20, perwakilan kedutaan besar dan perwakilan dari berbagai asosiasi perempuan Internasional maupun nasional.

Sejumlah pesohor dijadwalkan hadir dalam gelaran tersebut, seperti aktris Anne Hathaway, Melinda French, Ratu Yordania Rania Al-Abdullah hingga Ratu Belanda Máxima Zorreguieta Cerruti. Baca Juga: 15 Negara Dipastikan Bakal Hadiri W20 di Danau Toba Jimmi Panjaitan mengatakan pada kegiatan tersebut BPODT akan memfasilitasi pameran produk-produk UMKM masyarakat setempat kepada delegasi. Misalnya, produk tenun yang menjadi salah satu upaya pemberdayaan perempuan. Sehingga tenun masyarakat lokal dikenal ke mancanegara.

Selain itu, lanjut Jimmy, pihaknya akan berkolaborasi dengan delapan kabupaten di kawasan Danau Toba untuk menggelar pameran yang akan menampilkan berbagai produk ekonomi kreatif. Pameran tersebut akan digelar selama 10 hari yang dimulai dari 15-24 Juli 2022 di Pantai Bebas Parapat. BPODT akan menyiapkan sejumlah kegiatan saat gelaran Women 20 (W20) yang akan dilaksanakan di Danau Toba dalam waktu dekat

BPODT menggandeng berbagai stakeholder seperti Bank Indonesia dan PLN. Dia mengatakan masih membuka ruang bagi pihak lain untuk berpartisipasi dalam kegiatan lanjutan yang bertajuk W20-PROGRESIF itu.

Selain menjadi momentum memperkenalkan potensi ekonomi kreatif dan pariwisata, BPODT juga akan mengajak delegasi anggota untuk melakukan kegiatan pelestarian lingkungan di Danau Toba. Kegiatan pelestraian lingkungan berkelanjutan seperti penanaman pohon, pelepasan burung dan bibit ikan, akan dilakukan para delegasi pada gelaran W20 Summit. Sedangkan PLN akan memamerkan kendaraan listrik sebagai komitmen mendukung teknologi berkelanjutan. “Penanaman berbagai jenis pohon ini nantinya akan dijadikan Taman W20 Summit Indonesia 2022. Ini adalah bentuk perhatian W20 terhadap kelestarian lingkungan. Pariwisata di Danau Toba tidak bisa dipisahkan dengan lingkungan hidup. Ini menjadi promosi utama kami,” pungkasnya.(mar8/jpnn)

Artikel ini telah tayang diJPNN.comdengan judul
“BPODT Sambut Gelaran W20 Summit di Danau Toba Sebagai Ajang Pamer Pariwisata dan Ekraf”,
https://sumut.jpnn.com/sumut-terkini/1870/bpodt-sambut-gelaran-w20-summit-di-danau-toba-sebagai-ajang-pamer-pariwisata-dan-ekraf

Tarsudi

Tarsudi

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Urgensi di Balik Rencana Bank Indonesia Kebut Mata Uang Digital

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved