Peserta W20 di Danau Toba Akan Disuguhi Tarian dan Pantun Khas Sumut

Peserta W20 di Danau Toba Akan Disuguhi Tarian dan Pantun Khas Sumut

MEDAN, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Sumatra Utara bersiap menyambut ajang kelas dunia Women 20 (W20) Summit di Danau Toba, tepatnya di Parapat, Kabupaten Simalungun 18-20 Juli 2022. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan Komite Seni Budya Nusantara (KSBN) di kantor gubernur.

Kepala KSBN Endarji menyampaikan, lembaganya ikut berpartisipasi mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia sebagai komitmen Indonesia mengarusutamakan partisipasi dan pemberdayaan ekonomi perempuan sesuai tujuan Group of Twenty (G20) dan W20.

“Diskusi kita terkait agenda untuk tampil di Danau Toba dalam rangka pra-summit W20. Kemudian, tari sambutan di Bandara Kualanamu dan Silangit,” kata Endarji dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (15/7/2022). Hal ini harus dimatangkan karena menyangkut nama baik Indonesia, khususnya Sumut. Karena itu, berbagai kegiatan di Hotel Niagara sebagai satu lokasi penyambutan juga disiapkan. Begitu juga pantun sebagai warisan budaya yang sudah ditetapkan UNESCO. Dia juga meminta Pemprov Sumut membuat gerakan bersih-bersih dan sosialisasi ke warga sekitar.

Bahwa daerahnya menjadi tempat pelaksanaan puncak W20 yang merupakan side event dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. “Saya kemarin sampai di Silangit belum melihat spanduk kegiatan. Ini penting, kalau hanya terpublish di media sosial masyarakat tidak akan tahu, warga harus tahu bahwa daerahnya menjadi tuan rumah acara dunia,” ujar Endardji.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengatakan, Pemprov Sumut siap mendukung. Sebab W20 menjadi kesempatan mengenalkan berbagai potensi yang dimiliki Sumut, mulai dari alam, budaya, produk lokal UMKM, dan lainnya.   “Pada pertemuan ini sudah jelas apa tangung jawab provinsi, KSBN, pemkab dan unsur lainnya. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Endarji yang mau mengecek langsung ke lapangan,” kata Musa.

Chairwoman W20, Hadriani Uli Silalahi mengapresiasi kesiapan Pemprov Sumut. Menurutnya, secara teknis sudah siap. Baca juga: W20 di Manokwari Fokus Bahas Perempuan Pedesaan dan Difabel   Uli mengungkapkan, sudah 15 negara yang mengonfirmasi hadir langsung, sebagian negara mengirim lebih dari tiga delegasinya. Contohnya Amerika Serikat, mengirim tiga delegasi. India dengan enam perwakilan dan Italia sebanyak delapan orang.

Beberapa tokoh yang kemungkinan menghadiri acara adalah Melinda Gates, mantan istri Bill Gates pendiri Microsoft dan aktris Anne Hathaway, Ratu Rania dari Yordania, CEO perbankan dunia Melly Ellen Iskenderian, Direktur Bank Dunia Mari Elka Pangestu dan Direktur Eksekutif UN Women Sima Sami Bahous.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Peserta W20 di Danau Toba Akan Disuguhi Tarian dan Pantun Khas Sumut”, Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2022/07/15/201316178/peserta-w20-di-danau-toba-akan-disuguhi-tarian-dan-pantun-khas-sumut.
Penulis : Kontributor Medan, Mei Leandha
Editor : Reni Susanti

Tarsudi

Tarsudi

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous 276 Juta Penduduk Dunia “Dihantui” Krisis Pangan, Sri Mulyani: Ini Benar-benar Masalah yang Mengancam…

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved