Pertemuan Menteri Keuangan dan Bank Sentral G20 Dimulai, Ini 7 Agenda Prioritas yang Dibahas

Pertemuan Menteri Keuangan dan Bank Sentral G20 Dimulai, Ini 7 Agenda Prioritas yang Dibahas

BADUNG, KOMPAS.com – Pertemuan ketiga menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara anggota G20 (FMCBG) dimulai hari ini dan akan membahas tujuh agenda prioritas terkait keuangan. Rangkaian pertemuan ketiga FMCBG ini dihadiri oleh delegasi asing sebanyak 407 delegasi hadir secara fisik di Bali dan 120 delegasi hadir secara virtual.

Pertemuan ini juga dihadiri 17 menteri keuangan negara anggota G20, yaitu Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Australia, India, Indonesia, Italia, Jerman, Jepang, Korea Selatan, Kanada, Prancis, Turkiye, Uni Eropa, Belanda, Senegal, dan Swiss.

Kemudian 11 gubernur bank sentral yang hadir secara fisik, yaitu berasal dari Afrika Selatan, Arab Saudi, Australia, India, Indonesia, Inggris, Jerman, Jepang, Korea Selatan, dan Prancis.

Berikut tujuh agenda prioritas yang dibahas dalam pertemuan ketiga FMCBG, yaitu:

1. Ekonomi global dan risikonya

Presidensi G20 Indoensia melanjutkan diskusi mengenai kondisi perkeonomian global dan respons kebijakan yang tepat untuk memulihkan perekonomian global. Pasalnya, saat ini dunia tengah menghadapi tekanan inflasi, disrupsi rantai pasok global, keseimbangan permintaan dan ketersediaan penawaran, peningkatan harga komoditas dan energi akibat pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina.

2. Kesehatan global

Pertemuan ketiga FMCBG akan merumuskan upaya kesiapsiagaan, pencegahan, dan respons terhadap pandemi di masa yang akan datang. Pertemuan juga akan membahas tindak lanjut pembentukan dana kesehatan multilateral untuk penanganan pandemi di masa depan.

3. Arsitektur keuangan internasional

G20 mencari cara mendorong perbaikan pengelolaan utang negara miskin dan mendorong penguatan ketahanan keuangan global jangka panjang.

4. Sektor keuangan

G20 akan mendiskusikan strategi normalisais kebijakan dan mitigasi dampak panjang dari pandemi di sektor keuangan. Selain itu, G20 juga meningkatkan upaya mendorong inklusi keuangan bagi kelompok yang rentan melalui pemanfaatan digitalisasi.

5. Keuangan berkelanjutan

Pertemuan ini juga fokus memajukan 3 agenda utama di mana seluruhnya untuk mendukung transisi yang adil dan terjangkau.

6. Pembangunan infrastruktur

G20 mendiskusikan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, inklusif, mudah diakses, dan terjangkau.

7. Perpajakan internasional

Dalam pertemuan ini juga membahas agenda perpejakan internasioanl dengan memastikan implementasi kesepakatan global di tahun 2-21 berupa pilar G2-/OECD.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pertemuan Menteri Keuangan dan Bank Sentral G20 Dimulai, Ini 7 Agenda Prioritas yang Dibahas”, Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/07/15/115000226/pertemuan-menteri-keuangan-dan-bank-sentral-g20-dimulai-ini-7-agenda-prioritas?page=all#page2.
Penulis : Isna Rifka Sri Rahayu
Editor : Aprillia Ika

Tarsudi

Tarsudi

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Bank Indonesia Akan Luncurkan Rupiah Digital, Ini Tantangannya

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved