Mandiri Smart Branch, Inovasi Bank Mandiri Untuk Beragam Kebutuhan Finansial Nasabah

Mandiri Smart Branch, Inovasi Bank Mandiri Untuk Beragam Kebutuhan Finansial Nasabah

DIGINOMI I SUMUT, TRANSFORMASI digital terus dilakukan perbankan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Salah satunya dilakukan Bank Mandiri dengan menggulirkan Mandiri Smart Branch. Produk ini mampu memproses beragam kebutuhan finansial nasabah di cabang menjadi lebih cepat, praktis dan andal.

Inovasi Smart Branch ini memiliki konsep layanan berorientasi pada nasabah atau customer centrik. Dengan demikian, nasabah yang datang akan langsung dilayani oleh customer service (CS) untuk memandu kebutuhan finansial di cabang.Regional CEO Bank Mandiri Region VI/Jawa 1, M Wisnu Trihanggodo menjelaskan, langkah transformasi digital ini juga menjadi bagian dari inisiatif Bank Mandiri dalam mendorong peningkatan literasi keuangan digital di Tanah Air. Untuk itu, Mandiri Smart Branch akan hadir dalam tiga tipe kantor cabang, antara lain Digital Box, Hybrid Branch dan Upgrade Branch. Ketiga tipe ini diharapkan dapat mengakomodir seluruh karakter nasabah maupun masyarakat yang masih membutuhkan layanan perbankan di cabang maupun edukasi finansial dengan lebih leluasa.

“Nantinya Digital Box akan hadir untuk nasabah yang membutuhkan layanan perbankan secara cepat dan praktis serta ditempatkan di pusat aktivitas masyarakat,” katanya, Jumat (1/7).Smart Branch tipe ini akan dibekali dengan self-service machine seperti ATM Setor Tarik dan Customer Service Machine (CSM), serta Video Conference Box yang dapat memungkinkan nasabah berinteraksi secara daring dengan staf Bank Mandiri.

Adapun, tipe Hybrid Branch dapat dimanfaatkan oleh nasabah yang membutuhkan layanan perbankan secara kompleks, namun terdigitalisasi.Hybrid Branch hadir dengan kelengkapan digital seperti ATM Setor Tarik, CSM dan Video Conference Box, serta General Banker yang selalu siap memberikan solusi produk-produk finansial, edukasi digital banking maupun layanan transaksional perbankan lainnya.

Solusi transaksi mudah

Tipe ketiga, Upgrade Branch hadir bagi nasabah yang membutuhkan layanan perbankan, namun masih belum siap dengan perubahan digitalisasi.

Upgrade Branch memiliki zona-zona khusus layanan digital yang berdampingan dengan zona layanan konvensional, sehingga nasabah dapat mencoba bertransaksi di zona digital untuk mulai membiasakan diri dengan pengalaman perbankan yang baru.

“Mandiri Smart Branch hadir untuk memberikan solusi kemudahan transaksi nasabah melalui pengembangan sistem operasional cabang yang terintegrasi dengan Livin by Mandiri, untuk memudahkan reservasi nasabah sehingga transaksi di cabang dapat menjadi lebih cepat, praktis dan mudah, ujarnya.

Tidak hanya itu, Bank Mandiri juga mengakomodir transaksi nasabah yang belum melakukan reservasi lewat Livin by Mandiri. Nasabah hanya perlu mengisi e-form yang terintegrasi dengan data internal Bank Mandiri maupun data kependudukan dan catatan sipil.”Dengan implementasi sistem operasional cabang yang baru proses layanan kepada nasabah dapat lebih cepat dan lebih aman karena telah dilengkapi dengan built-in internal control sesuai regulasi OJK serta metode personal approval yang dapat dilakukan oleh nasabah sendiri,” tambah Wisnu.

Bank Mandiri Region VI / Jawa 1 telah menyiapkan sebanyak 17 unit kantor cabang yang akan diimplementasikan Branch of The Future – Smart Branch di Wilayah Jawa Barat.Melanjutkan transformasi digital, di tahun 2022 Bank Mandiri memperkirakan akan terdapat 238 Smart Branch yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia agar nasabah dapat merasakan pengalaman perbankan baru dengan lebih mudah, cepat, nyaman dan aman.

Sumber: https://m.mediaindonesia.com/infografis/detail_infografis/503672-mandiri-smart-branch-inovasi-bank-mandiri-untuk-beragam-kebutuhan-finansial-nasabah

Previous Roadmap Hampir Rampung, Rupiah Digital Terbit Tahun Ini?

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved