4 Jenis Bisnis Pertanian Kreatif, Prospek bagi Milenial

4 Jenis Bisnis Pertanian Kreatif, Prospek bagi Milenial

Yunike Purnama – Kabar Siger

Pertanian menjadi salah satu bisnis yang prospeknya cukup menjanjikan, apalagi selama pandemi. Teknologi saat ini mempermudah kita berkreasi dalam bisnis pertanian seperti tanaman hidroponik, ataupun bibit unggul tanpa membutuhkan media tanah yang luas.

Bagi kaum milenial terjun di dunia pertanian selalu dibayangkan turun ke sawah, padahal ada banyak sekali model agribisnis yang bisa dijalankan selain budi daya tanam.

Untuk itu, berikut ini simak prospek bisnis pertanian kreatif bagi milenial:

1. Jual Bibit Unggul dan Pupuk

Menjual bibit unggul memanglah sulit, tapi saat ini untuk mempelajari cara membuat bibit unggul sudah mulai gampang dipelajari asalkan kita tekun. Kalau pun kita tak bisa, maka jadi reseller tidak masalah, seperti kamu membeli bibit unggul di daerah lain untuk dipasarkan ke daerah lain pula.

Selain itu, bisnis pupuk juga menjanjikan jika lingkungan kamu gemar berkebun. Bibit organik maupun kimia bisa menguntungkan jika kita tahu keinginan setempat.

2. Jualan Rempah-rempah

Walaupun memang bisnis ini belum terlalu ramai, namun rempah-rempah sebenarnya memiliki prospek yang lumayan jika dijual dengan benar. Untuk itu, kamu bisa menanam berbagai jenis rempah-rempah kebutuhan masyarakat dan bisa dijual dengan harga murah. Walaupun untungnya sedikit namun lama kelamaan bisnis ini juga akan berkembang kok.

3. Jual Alat Pertanian

Menjual alat pertanian, tidak selamanya harus menjual traktor atau alat berat lainnya, kamu bisa menjual sekop, pacul, atau alat semprot yang akan laku terjual terutama di daerah yang masyarakat hobi bertani atau bahkan berbisnis.

Selain itu, bisnis ini tidak terlalu berat dijalankan sebab kamu hanya perlu menjaga toko atau menjajakannya ke orang-orang.

4. Sewa Alat Pertanian

Jika kamu malas jualan, tapi punya modal besar, maka cobalah membuka jasa penyewaan alat pertanian berat dan sedang. Kamu bisa membeli traktor, alat semprot, atau pun pemotong rumput otomatis untuk disewakan kepada para petani atau orang awam yang membutuhkan untuk kebutuhan tertentu.

Misalnya modal yang anda perlukan berkisar Rp7 juta, lalu untuk sewa kamu bisa menetapakan sistem per hari yaitu sebesar Rp300 ribu sampai Rp500 ribu. Selain itu sistem borongan, yaitu dengan harga per satu juta hektar sekitar Rp900 ribu.

Previous Di Forum B20 Indonesia Bahas Rekomendasi Transformasi Digital

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved