Digitalisasi Sektor Hilir strategi dalam menjaga stabilitas inflasi di Sumatera Utara

Digitalisasi Sektor Hilir strategi dalam menjaga stabilitas inflasi di Sumatera Utara

DIGINOMI | Sumatera Utara, Hal ini mengemuka pada acara Capacity Building Kerjasama Antar Daerah (KAD) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Aula Kuala Dewi Lt. 9 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Medan.

Acara yang dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Ibrahim, dan Pejabat Ktr Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara dibuka secara resmi oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam Ir. Arif Sudarto Trinugroho, MT, juga dihadiri oleh Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara Dr. Naslindo Sirait, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Sibolga dan Pematang Siantar, TPID Provinsi Sumatera Utara, TPID Kabupaten/Kota se Sumatera Utara dan klaster pangan Binaan Bank Indonesia.

Narasumber yang hadir menyampaikan paparan Prof. Dr. Muhammad Firdaus SP. MSi Guru Besar Fak Ekonomi dan Bisnis IPB Bogor dan Ade Putra Daulay SP MSi dari PT. Sarana Pangan Madani Pekanbaru, Provinsi Riau, dengan moderator Tarsudi SP., MSi Kepala Bidang Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara.

Menurut rilis yang disampaikan oleh BPS Sumatera Utara, pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara hingga Triwulan II Tahun 2022, baru berkisar 3,9 persen atau lebih rendah dibandingkan laju pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,1 persen pada periode yang sama.

Disisi lain inflasi bulan Juni (MtoM) berkisar 1,48 persen, dan Inflasi berdasarkan Tahun kalender Januari – Juni telah mencapai 4,1 persen, sedangkan inflasi tahunan (YoY) sebesar 5,61 persen. Hal ini dipicu oleh naiknya beberapa komoditas strategis pertanian seperti cabe merah, bawang merah, cabai rawit, cabai hijau, telur ayam ras, ikan dencis dan angkutan udara.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menyamakan persepsi dari pakar akademisi dalam penanganan masalah inflasi di daerah melalui bentuk kerjasama daerah, baik yang dilakukan antar pemerintahan (G to G), kerjasama antara Pemerintah dan pelaku usaha (G to B) serta kerjasama antara pelaku usaha (termasuk petani, atau kelompok tani) dengan pelaku usaha lainnya.

Ade Putra Daulay, memaparkan pengalamannya selaku memimpin BUMD PT. Sarana Pangan Madani yang dibentuk oleh Pemko Pekanbaru khususnya dalam mengelola pangan strategis Kota Pekanbaru dan pendirian Rumah Pangan Madani.

Strategi yang telah ditempuh oleh BUMD tersebut antara lain melalui Peningkatan Korporatisasi Petani, adopsi teknologi, digitalisasi sektor hilir dan Penguatan Kerjasama Antar Daerah. Ade Putra Daulay menyatakan pada awalnya BUMD ini hanya bermodalkan 200 juta dan saat ini telah mampu mengembangkan bisnis hingga beromzet Rp. 20 Milyar.

Pada sesi kedua dilanjutkan dengan Business Matching antara Perwakilan pemerintah Kabupaten/Kota yang hadir offline dari Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tebing Tinggi, Kab. Deli Serdang, Kab. Serdang Bedagai, Kab. Karo dan Kab. Langkat, BUMD AIJ, Dirga Surya dan perwakilan dari Kluster Pangan Binaan Bank Indonesia.

Dari hasil bussineess matching disepakati utk tindaklanjut pertemuan berikutnya perlu dibentuk semacam Forum Komunikasi antara Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan para pelaku usaha untuk membicarakan rencana pembentukan kerjasama antar daerah. Dukungan regulasi juga diperlukan dalam rangka memperkuat kebijakan stabilisasi harga, tidak hanya pada saat naiknya harga komoditas tetapi juga menjaga turunnya harga ditingkat produsen pada saat panen raya atau surplus produksi.

Untuk anda yang ingin mendapatkan softcopy paparan narasumber dapat melalui link berikut ini.
https://drive.google.com/drive/u/0/mobile/folders/1_XxBP7jOhtJic_KyGEvdYie6P9ThSU8s?usp=sharing

Tarsudi

Tarsudi

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Pemerintah Dukung Percepatan Pemulihan Ekonomi Global dalam Presidensi G20

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved