Lewat Go-Digital, UMKM Perak Asal Yogyakarta Ini Bisa Raih Lonjakan Pendapatan

Lewat Go-Digital, UMKM Perak Asal Yogyakarta Ini Bisa Raih Lonjakan Pendapatan

DIGINOMI I SUMUT, Program UMKM Go-Digital dinilai sukses membuat para pelaku UMKM bertahan di tengah gempuran ketidakpastian ekonomi global. Salah satu yang merasakan manfaatnya adalah UMKM pengrajin perak asal Yogyakarta, WK Collection.

Pemilik UMKM WK Collection, Wijayanto mengungkapkan, tak dipungkiri pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang luar biasa, terutama di sektor pariwisata.

“Karena pada dasarnya kami fokus hadir di tempat-tempat wisata dan ketika pandemi melanda, semua tempat wisata tutup dan tentu pemasukan utama dari gerai-gerai langsung mati,” kata Wijayanto, Selasa (14/6).

Tapi untungnya, WK Collection sudah bergabung ke e-commerce yakni Tokopedia, sehingga dampak COVID-19 yang mendalam tidak terlalu dirasakan. “Kami bisa bertahan dengan baik,” tambah Wijayanto.

Adapun pihaknya sudah memulai usahanya sejak 2011 dan baru bergabung dengan Tokopedia pada 2016. Saat pertama bergabung di 2016, WK Collection mengaku tidak terlalu fokus ke pasar digital.

“Dengan adanya e-commerce seperti Tokopedia, saya terbantu karena UMKM diajarkan juga teknik digital marketing-nya, lalu cara customer handling, sampai ke detail seperti foto produk,” jelasnya.

UMKM yang kini menjangkau sekitar 20-an pekerja itu kini bahkan menjadikan penjualan lewat e-commerce khususnya Tokopedia sebagai salah satu kanal penjualan utamanya.

“Kami bisa bertahan di tengah pandemi juga karena adanya Tokopedia, sebagai UMKM saat ini meski tidak ada pemasukan dari gerai offline tapi kami tetap bisa berjualan secara online dengan penjualan hampir 90 persen dari online,” tutur Wijayanto.

Sementara itu Regional External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan, melalui inisiatif Hyperlocal pihaknya melihat memang adanya berbagai peningkatan penjualan bagi para UMKM, khususnya di Yogyakarta.

“Jumlah pembeli di Yogyakarta misalnya, mengalami kenaikan hampir dua kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu,” ujar Rizky.

Sumber : https://kumparan.com/kumparanbisnis/lewat-go-digital-umkm-perak-asal-yogyakarta-ini-bisa-raih-lonjakan-pendapatan-1yGtYm6ZXiy/full

irfan habibi

irfan habibi

Staff Subbid Keuangan, Investasi dan Aset Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Waspada, Phising pada Ekonomi Digital Meningkat

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved