Kemenkop UKM Gandeng Kompas.com untuk Beri Pelatihan ke UMKM se-Indonesia

Kemenkop UKM Gandeng Kompas.com untuk Beri Pelatihan ke UMKM se-Indonesia

DIGINOMI I SUMUT, Kementerian Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KemenKopUKM) melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) bekerjasama dengan Kompas.com untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pelaku UMKM di Indonesia. Peningkatan kapasitas SDM dilakukan dengan bentuk pelatihan bidang konten digital kepada 100 pelaku UMKM yang telah terpilih. Kerjasama antara KemenKopUKM dan Kompas.com ditandatangani di Jakarta, Kamis (9/6/2022) siang. Deputi Bidang Kewirausahaan KemenKopUKM, Siti Azizah mengatakan, pemerintah saat menginginkan pelaku UMKM lebih akrab dengan teknologi. Saat ini, pemerintah menargetkan 30 juta UMKM yang bisa go digital pada tahun 2022. “Untuk mencapai target itu, pemerintah perlu kolaborasi dengan berbagai stakeholder agar mereka segera go digital. Untuk itu hari ini kami sangat mengapreasi kolaborasi antara KemenKopUKM dengan Kompas.com agar upaya pemerintah lebih maksimal mendorong UMKM go digital. Terima kasih Kompas.com,” ujar Siti Azizah dalam sambungan telekonferensi. Adapun kerjasama antara KemenKopUKM dan Kompas.com menekankan kepada pentingnya kemampuan menulis dan pembuatan konten di media sosial. Pemimpin Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho mengatakan setiap produk UMKM memiliki narasi. Narasi seperti tulisan dan konten media sosial punya kekuatan untuk menarik perhatian orang untuk membeli. “Narasi produk itu harus dipikirkan,” ujar Wisnu dalam Workshop Penulisan Konten Digital bagi Pengelola, Konsultan Pendamping dan KUMKM Binaan PLUT di Jakarta, Senin.

KUMKM PLUT dan Kompas.com pendampingan digital marketing kepada 100 pelaku UMKM terpilih. Sebanyak 100 pelaku UMKM yang berasal dari 74 PLUT yang tersebar di seluruh Indonesia.

Peserta merupakan badan usaha maupun individu yang telah beroperasi selama minimal satu tahun dan memiliki sales turn over minimal Rp100 juta per tahun.

Peserta merupakan produsen/supplier, distributor atau retailer (bukan reseller atau franchise) di sektor bisnis manufaktur, trading, dan services. Adapun bentuk kerjasama dilakukan dalam bentuk pelatihan penulisan dan pembuatan konten di media sosial. Peserta yang menjadi target kegiatan pelatihan penulisan konten digital serta pendampingan digital marketing secara hybrid di empat lokasi. Pelatihan pembuatan konten dilakukan secara hybrid di empat lokasi yaitu Medan (Sumatera Utara), Kendal (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), dan Ternate (Maluku Utara).

Sumber Kompas.com 

Previous Kemenperin dorong pendekatan terintegrasi wujudkan industri 4.0

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved