Petani Ini Sukses Berbisnis Online via Pelatihan di Tokopedia

Petani Ini Sukses Berbisnis Online via Pelatihan di Tokopedia

DIGINOMI I SUMUT , Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengungkapkan antusiasme masyarakat sangat tinggi dalam mengikuti pelatihan kewirausahaan di Tokopedia.

Hal ini membuktikan, program ini banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang, termasuk petani yang telah sukses memulai bisnis online.

“Kolaborasi antara Tokopedia, pemerintah, dan berbagai lembaga pelatihan hingga saat ini mampu menghadirkan lebih dari 550 kelas pelatihan dan menarik partisipasi jutaan penerima Kartu Prakerja dari berbagai latar belakang termasuk petani,” ungkap Astri dalam keterangannya dikutip Minggu (5/6/2022).

Manfaat dari pelatihan ini sendiri dirasakan oleh Harmin asal Pasaman Barat, Sumatra Barat. Akibat lesunya perekonomian selama pandemi, Harmin yang berprofesi sebagai petani mulai memproduksi lukah (alat penangkap ikan) dan mengikuti pelatihan tips berjualan online bagi UMKM.

Sejak saat itu, ia menjual lukah secara online dan berhasil menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Keberhasilan juga dialami Sahmi Wani asal Sumatra Barat yang juga seorang petani. Pandemi sangat berdampak pada ekonomi keluarganya. Setelah menerima manfaat Kartu Prakerja dan mengikuti pelatihan berjualan online untuk UMKM, Sahmi Wani pun membeli sejumlah ayam untuk dipelihara.

Kini usaha ternak ayam Sahmi Wani mulai berkembang dan ia menjajakan telur ayamnya secara online. 

Dalam program ini, Tokopedia berkolaborasi dengan mitra strategis, seperti Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) dan beragam lembaga pelatihan.

Adapun program pelatihan untuk para penerima Kartu Prakerja diantaranya mengenai bisnis, IT dan data, finansial, pemasaran, fotografi, kecantikan, pengembangan diri, tata boga, dan masih banyak lagi.

“Kami mengapresiasi upaya lebih yang dilakukan Tokopedia untuk membuat penerima Kartu Prakerja sukses berwirausaha. Adanya petani-petani penerima Kartu Prakerja yang kini bisa berjualan secara online membuktikan bahwa sistem digital dan on-demand yang dipakai Prakerja efektif membekali skills yang dibutuhkan penerima, apapun latar belakangnya. Ini tentu sebuah breakthrough,” jelas Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari.

Tokopedia juga terus memberikan kemudahan kepada para penerima Kartu Prakerja dengan menghadirkan pengecekan sertifikat pelatihan di website Tokopedia dengan lebih mudah dan cepat, memungkinkan MPPKP dan peserta Kartu Prakerja mendapatkan beragam pilihan pelatihan yang menarik, serta membantu proses aktivasi pelatihan dari lembaga pelatihan dengan lebih cepat.

“Melalui berbagai pelatihan yang diadakan bagi para penerima Kartu Prakerja, kami berharap bisa membantu masyarakat mendapatkan akses terhadap kebutuhan pendidikan demi meningkatkan kompetensi dan produktivitas masyarakat dalam beradaptasi terutama di pandemi ini,” tutup Astri.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220605132525-37-344466/petani-ini-sukses-berbisnis-online-via-pelatihan-di-tokopedia

irfan habibi

irfan habibi

Staff Subbid Keuangan, Investasi dan Aset Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous 10 UMKM Sumut Akan Dipromosikan di Acara HUT HIPMI ke 50

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved