Genjot Digitalisasi UMKM, OttoPay Perluas Layanan Pembayaran

Genjot Digitalisasi UMKM, OttoPay Perluas Layanan Pembayaran

DIGINOMI-SUMUT, Perusahaan penyedia layanan pembayaran PT Reksa Transaksi Sukses Makmur (OttoPay) terus mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terutama warung dan toko kelontong, untuk bertransaksi secara digital. Kini, OttoPay memperluas layanannya ke mitra bisnis modern, salah satunya waralaba/franchise.

“Saat ini OttoPay telah mengajak puluhan ribu UMKM, terutama warung dan toko kelontong, untuk bertransaksi secara digital dan juga lebih dari 40 ribu mitra bisnis modern telah menikmati layanan solusi pembayaran digital,” ungkap Direktur Utama OttoPay Grace Sunarjo dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 3 Juni 2022.

Tak hanya pembayaran secara digital melalui EDC dan QRIS, OttoPay kini menambahkan layanan baru yaitu business portal dimana mitra bisnis dapat monitor langsung laporan transaksi secara real time. OttoPay juga menawarkan layanan sharing fee otomatis dengan mitra bisnis bisa langsung berbagi keuntungan dengan partner usaha.

“Fitur sharing fee ini menjawab kebutuhan mitra usaha salah satunya waralaba atau franchise yang biasanya terikat sharing profit. Dengan adanya pencatatan dan perhitungan yang telah dilakukan secara digital diharapkan dapat mempermudah mitra bisnis dan mengurangi kesalahan apabila dilakukan secara manual,” ujar Grace.

OttoPay memiliki mitra bisnis di berbagai industri, mulai dari restoran hingga e-commerce. Beberapa di antaranya adalah KFC, Warunk Upnormal, Bumame, iStyle, Elevenia, dan lainnya.

Area Manager Outlet Bandung Warunk Upnormal Abdul Rohman mengatakan, sebagai tempat nongkrong yang kekinian, pihaknya berusaha juga menyesuaikan cara pembayaran dengan EDC dan juga QR. Hal ini menyesuaikan kebiasaan anak milenial yang cashless.

Selain memberikan kemudahan solusi berbisnis secara digital OttoPay yang bersinergi dengan OttoPoint, loyalitas pelanggan juga menjadi hal penting. Ini ditunjukan dari data statistik survei independen pada beberapa perusahaan, sebanyak 82 persen responden setuju biaya untuk mempertahankan pelanggan jauh lebih efisien dibandingkan mengakuisisi pelanggan baru.

Direktur Utama PT Poin Sukses Makmur (OttoPoint) James Hamdani mengatakan bahwa pihaknya menawarkan program loyalitas pelanggan berbasis koalisi dengan menggandeng beragam brand maupun perusahaan untuk berada di satu ekosistem yang lebih efisien dan menguntungkan.

Program loyalitas ini diaplikasikan dalam bentuk poin dan katalog reward. Hal ini memberikan keuntungan untuk mitra bisnis, karena mereka tidak perlu membangun sistem loyalitas dari nol.

“Rata-rata mitra kami telah berhasil menaikkan frekuensi transaksi sebanyak 25 persen dan volume transaksi 35 persen dalam waktu kurang lebih tiga bulan,” tutur James.

Kementerian Koperasi dan UKM optimistis sebanyak 30 juta UMKM akan go digital pada 2024. Hal ini melihat potensi pasar dan adanya kemudahan membuka usaha, sehingga membuka peluang besar bagi calon wirausaha atau entrepreneurship.

Sumber : https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/Dkq4R8Qb-genjot-digitalisasi-umkm-ottopay-perluas-layanan-pembayaran

Yufika Al Sandra

Yufika Al Sandra

Staf Subbid. Keuangan, Investasi dan Aset Bappeda Provsu

Previous Digitalisasi Toko Kelontong Diyakini Mampu Dorong Ekonomi Nasional

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved