Rapat Percepatan penyusunan RKPD dan persiapan penyusunan R.APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 membahas Kegiatan Transformasi Digital Bidang Ekonomi

Rapat Percepatan penyusunan RKPD dan persiapan penyusunan R.APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 membahas Kegiatan Transformasi Digital Bidang Ekonomi

Diginomi | Sumut, Badan Perencanan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Rapat percepatan penyusunan RKPD dan persiapan penyusunan R.APBD Tahun 2023 yang dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2022 di Ruang Rapat Prof. Dr. HS. Hadibroto, MA Kantor Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21 A Medan,

Rapat yang dipimpin oleh Tarsudi SP., MSi Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara tersebut dihadiri oleh Pejabat Fungsional Administrator dan Pejabat Fungsional Pengawas yang berasal dari OPD lingkup bidang Ekonomi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara membahas agenda percepatan penyelesaian penyusunan RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023.

Rapat yang diselenggarakan selama satu hari penuh tersebut bertujuan untuk merumuskan strategi dalam mencapai target pembangunan daerah pada RKPD tahun 2023 yang merupakan perencanaan tahun terakhir dari RPJMD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 – 2023, dengan topik pembahasan terkait finalisasi rancangan akhir RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023, dan persiapan untuk penyusunan R.APBD Tahun 2023.

Output pembahasan yang dihasilkan antara lain terkait tentang Pencapaian Indikator Makro Gubernur Tahun 2023, Pencapaian pelaksanaan 17 Kegiatan Strategis Daerah lingkup Bidang Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, pertumbuhan hijau (Green Growth Plan), Blue  Economic, Perencanaan Pembangunan Rendah Karbon (PPRK), Restorasi Gambut dan Mangrove,  Mitigasi dan Adaptasi perubahan Iklim, dan Kegiatan Inovasi dan Kreatif Daerah Sistem Pertanian Terintegrasi (SITANTRI), dan beberapa kegiatan prioritas lainnnya.

Pada rapat tersebut juga dibahas rencana Kegiatan Transformasi Digital Bidang Ekonomi, antara lain : Pengembangan 1000 UMKM dan IKM Digital, Inkubasi Ekonomi Kreatif Digital, Kampung Digital Tematik Ekonomi, Digitalisasi Industri, Digitalisasi sektor ketenagakerjaan, Digitalisasi Promosi Pariwisata, Digitalisasi Promosi Investasi, Digitalisasi Pengelolaan BUMD, Digitalisasi Sektor Pertanian, Digitalisasi Sektor Kelautan Perikanan, Digitalisasi Sektor Kehutanan, Digitalisasi Sektor Perkebunan dan Perencanaan Pembangunan Digital Ekonomi Terintegrasi (Diginomi Sumut).

Sesuai dengan arah kebijakan RKP Nasional Tahun 2023, yang bertemakan Peningkatan Produktifitas untuk Transformasi Ekonomi Inklusif Berkelanjutan, RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023, juga mengusung tema Akselerasi Pencapaian Produktivitas untuk Transfomasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan melalui Kolaborasi Perencanaan Pembangunan Sumut Bermatabat.

Target Sasaran Makro Pembangunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 adalah : Pertumbuhan Ekonomi pada kisaran 5,00% – 6,00%, Indeks Pembangunan Manusia 72,5-73,00 Point, Tingkat Pengangguran Terbuka 6,3-5,3 %, Kemiskinan 8,8 – 7,8%, Laju Inflasi 2 +/- 1 %, Indeks Gini 0,309 dan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca 35.55 Juta Ton CO2eq.

Rapat tersebut akan ditindaklanjuti dengan rapat teknis berikutnya yang akan membahas rencana detail yang lebih teknis dengan mengundang OPD terkait dan narasumber dari berbagai pihak yang berkepentingan.

Tarsudi

Tarsudi

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Indonesia disebut Bakal Jadi Episentrum Pertumbuhan Ekonomi Digital

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved