Menkominfo Ajak Pejabat Pusat dan Daerah Ikut Program Digital Leadership Academy

Menkominfo Ajak Pejabat Pusat dan Daerah Ikut Program Digital Leadership Academy

Yogyakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus berupaya untuk meningkatkan literasi digital masyarakat di berbagai kalangan melalui program beasiswa talenta digital atau Digital Talent Scholarship (DTS).

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan untuk pejabat pemerintah baik di tingkat pusat dan daerah, Kementerian Kominfo juga menyiapkan program Digital Leadership Academy untuk meningkatkan literasi digital yang berguna dalam pengambilan kebijakan.

“Saya mengajak kepada pejabat-pejabat pemerintah pusat dan daerah yang menjadi penentu kebijakan kebijakan digital untuk mengambil bagian di dalam program Digital Leadership Academy,” ujar Menkominfo usai menghadiri acara Grand Launching National Digital Talent Program di Hotel Marriott, Yogyakarta pada Selasa (17/05/2022).

Menurut Menteri Johnny, program itu harus diikuti oleh pengambil kebijakan sektor digital karena Kementerian Kominfo telah bekerjasama dengan delapan universitas ternama dunia, seperti Oxford University, Cambrigde University, Massachusetts Institute of Technology, Singhua University, National University of Singapore, Imperial College.

“Dengan demikian, kualitas program itu dinilai tak kalah dengan jika mengikuti pendidikan kecakapan digital di luar negeri.  Saya juga mengundang rekan-rekan dari sektor privat, khususnya startup founder untuk mengambil bagian juga di dalam program Digital Leadership Academy,” jelasnya.

Partisipasi pemimpin sektor privat atau swasta dalam program ini diharapkan juga bisa membantu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di berbagai sektor.  

Program itu ditargetkan untuk 550 orang peserta pada tahun ini dari kalangan pejabat pemerintah maupun pendiri perusahaan rintisan atau startup digital.

“Programnya bagus menarik dan sangat rapat, sehingga akan membantu mereka untuk membuat kebijakan-kebijakan digital yang tepat bagi Indonesia dan keputusan-keputusan bisnis yang tepat bagi para startup founder kita,” jelas Menkominfo.

Dalam program DTS 2022, Menteri Johnny menyatakan pihaknya telah bekerjasama dengan 154 perguruan tinggi dan politeknik di dalam negeri. Menurutnya, Kementerian Kominfo juga telah melakukan penandatangaan nota kesepahaman (memorandum of understanding) dengan 54 perguruan tinggi nasional.

“Sekali lagi kerjasama dan kolaborasi, saya sebut juga triplehelix, yakni pemerintah, perguruan tinggi, dan dunia usaha itu penting untuk bekerja bersama-sama menghasilkan talenta digital yang jumlahnya cukup dan kualifikasinya memadai,” tandasnya.

Dikutip dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/41857/menkominfo-ajak-pejabat-pusat-dan-daerah-ikut-program-digital-leadership-academy/0/berita_satker

Penulis: Wahyu Sudoyo
Editor : Untung S

Tarsudi

Tarsudi

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Menkominfo: DEWG20 Jadi Tonggak Pemulihan Ekonomi Global

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved