Peluncuran Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 Bagi UMKM oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI

Peluncuran Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 Bagi UMKM oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) melaksanakan acara Peluncuran Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 bagi UMKM yang diselenggarakan pada hari Jumat pagi Tanggal 13 Mei 2022 di Jalan M. H. Thamrin DKI Jakarta.

Peluncuran Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 bagi UMKM diinisiasi oleh Kemkominfo RI melalui Direktorat Jendral Aplikasi Informatika. Direktur Jendral Aplikasi Informatika Kemkominfo RI pada pidato sambutannya menyampaikan bahwa Program Adopsi Teknologi Digital 4.0 bagi UMKM merupakan program yang diharapkan dapat membangkitkan kinerja kontribusi UMKM dalam perekonomian nasional melalui penerapan teknologi digital. UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia karena mampu menyerap 97% Tenaga Kerja nasional dan berkontribusi sebesar 60% terhadap PDB Nasional. UMKM GO ONLINE 4.0 merupakan sebuah program pendampingan dan pelatihan dari Kominfo kepada para pelaku usaha UMKM agar dapat naik kelas dari sisi adopsi teknologi digital. Melalui program ini pemerintah berupaya mengoptimalisasi potensi dan peningkatan produkitivitas UMKM dengan digitalisasi khususnya bagi UMKM yang menjalankan usahanya masih secara luring atau offline. Pada program ini UMKM selain didorong untuk on board atau go digital, juga dipandu/diajari untuk mampu mengadopsi teknologi digital lainnya guna up skilling yang berguna untuk peningkatan penjualan UMKM itu sendiri.

Pada tahun 2021 Kemkominfo sudah melakukan fasilitasi pendampingan bagi 26.000 UMKM untuk aktif berjualan yang pada tahun 2022 akan dilakukan peningkatan fasilitasi pendampingan menjadi 30.000 UMKM. Dalam program UMKM GO ONLINE 4.0 yang dilakukan selama 6 bulan terdapat berbagai pelatihan untuk UMKM terpilih untuk meningkatkan penjualannya. Melalui Program Adopsi Teknologi Digital Kemkominfo RI juga turut mendukung terhadap suksesnya Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diharapkan menjadi titik penting menjadi kebangkitan UMKM di tengah derasnya arus digitalisasi. Diketahui pada tahun 2020 Gernas BBI sudah berhasil mengajak 3,8 juta pelaku kreatif dan UMKM untuk on boarding ke platform dan ini adalah saatnya mengajari mereka untuk meningkatkannya. Dengan dorongan digitalisasi dan pemasaran teknologi yang terus dilakukan diharapkan UMKM dapat semakin berkembang, naik kelas dan menjangkau pasar global.

Acara dihadiri oleh Bapak Jonny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sebagai Keynote Speaker, Odo RM Manuhutu Deputi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marinves, Ir. Eddy Satriya, M.A Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah yang hadir secara online dan pelaku usaha e-commerce Indonesia serta peserta lainnya yang hadir secara langsung maupun online melalui streaming youtube.

Intan Theresia Hutabarat

Intan Theresia Hutabarat

Analis Perencanaan Strategis di Sub Bidang Keuangan, Investasi dan Aset Bappeda Provsu

Previous Percepatan Ekosistem Digital di Indonesia Masih Terkendala Ketersediaan SDM

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved