Peran Bank Indonesia pada Sistem Pembayaran dan Elektronifikasi di Era Digital

Peran Bank Indonesia pada Sistem Pembayaran dan Elektronifikasi di Era Digital

Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Bapak Subhan Anas A, menyampaikan paparan tentang Peran Bank Indonesia pada Sistem Pembayaran dan Elektronifikasi di Era Digital, pada pelaksanaan acara Rapat Koordinasi Percepatan Digital Ekonomi Provinsi Sumatera Utara, sekaligus Launching Portal Sistem Informasi Perencanaan Digital Ekonomi (DIGINOMI) Provinsi Sumatera Utara di Gedung Binagraha Pemprovsu pada hari Senin, 9 Mei 2022.

Pada pemaparannya Bapak Subhan Anas A, menyampaikan perkembangan terkini ekonomi Sumatera Utara, yang menunjukkan masih berlanjutnya Pemulihan Ekonomi Sumatera Utara pada tahun 2022, meskipun masih berjalan secara gradual.

Program vaksinasi yang terus berjalan berdampak pada meningkatnya mobilitas yang dapat mendorong konsumsi, terkonfirmasi melalui peningkatan indeks penjualan eceran. Indikasi perbaikan dunia usaha juga tercermin dari hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha yang mengalami peningkatan, terutama di sektor perdagangan, industri pengolahan dan konstruksi. Hasil survei konsumen juga menunjukkan kecenderungan yang meningkat.

Perekonomian Sumut tahun 2022 diperkirakan tumbuh lebih tinggi dari tahun 2021 dengan kisaran 3,7-4,5%. Pertumbuhan tersebut didorong oleh kian pulihnya mobilitas dan konsumsimasyarakat, tetap tingginya harga komoditas utama serta berlanjutnya program PEN seperti KUR 3%, insentif bantuan tunai dan insentif PPN-DTP. Namun perlu diwaspadai sejumlah faktor yang dapat menahan pertumbuhan, seperti merebaknya varian baru COVID-19 serta konflik geopolitik internasional yang berkepanjangan dan dapat mengakibatkan investor bersikap wait and see.

Beliau juga menyampaikan perkembangan Sistem Pembayaran Provinsi Sumut, bahwa seiring dengan kembali merebaknya kasus omicron di wilayah Sumatera Utara Transaksi kartu debit, kredit dan uang elektronik masih terbatas.Pertumbuhanpenggunaan Kartu ATM/Debit Kembalitertahanbaikdari sisi nominal maupunvolume. PertumbuhanTransaksi kartu kredit juga kembalimelemahmenjadi 53.8% (yoy) untuk nominal Transaksidan 46.7% (yoy)untuk volume transaksi. Namun demikian, aktivitas ekonomi masyarakat yang kembali pulih pada Maret 2022 diprediksi dapat mendorong penggunaan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) dan Uang Elektronik (UE).

Terkait perkembangan implementasi QRIS di Sumatera Utara, Jumlah Merchant dan Pengguna QRIS di Sumut terus meningkat. Upaya perluasan implementasi QRIS di Sumatera Utara terus dilakukan guna mendukung upaya pemulihan ekonomi Sumatera Utara.Hingga bulan Maret 2022, jumlah merchant QRIS di Sumatera Utara telah mencapai 719 ribumerchantatautumbuh 9.4% (mtm), yang lebih tinggi dari pertumbuhan nasional sebesar 4.6% (mtm). Adapun sebanyak 64,34% dari total merchant QRIS di Sumatera Utara merupakan merchant berskala usaha mikro & mayoritas berada di Kota Medan.

Beliau juga menyampaikan peran Bank Indonesia pada Sistem Pembayaran dan Elektronifikasi di Era Digital, dimana Elektronifikasi diharapkan mampu mengintegrasikan ekonomi dan keuangan digital dan transformasi pembayaran dari tunai menjadi non tunai diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat. Dalam hal ini Bank Indonesia berkomitmen mendukung sinergi elektronifikasi pada pemerintahan, baik dalam sistem pengelolaan pendapatan maupun belanja daerah.

Bank Indonesia juga menyampaikan dukungannya pada pengembangunan digital ekonomi di Provinsi Sumatera Utara, melalui program Perluasan Pembayaran Non Tunai Melalui QRIS, dimana sejak Januari 2020, QRIS menjadi standar pembayaran berbasis QR Code di Indonesia yang kini telah digunakan oleh lebih dari 14,7 juta merchant secara nasional dan telah didukung oleh sekitar 68 Penyedia Jasa Pembayaran berizin.

Bank Indonesia juga melaksanakan Publikasi Bersama Pada Program Elektronifikasi Keuangan Daerah, melalui berbagai kegiatan, Juga melakukan Sinergi dalam Website North Sumatera Invest (NSI) dan Karya Kreatif Sumut (KKSU). KpwBI Provinsi Sumatera Utara memiliki website North Sumatera Invest dan Karya Keratif Sumatera Utara sebagai upaya mendorong ekonomi sumatera terutama dalam hal mendorong investasi dan pengembangan UMKM yang berdaya saing tinggi.







Tarsudi

Tarsudi

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Launching Portal DIGINOMI

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved