Launching Portal DIGINOMI

Launching Portal DIGINOMI

Rapat Koordinasi Percepatan Digital Ekonomi sekaligus Launching Portal Sistem Informasi Perencanaan Digital Ekonomi (DIGINOMI) Provinsi Sumatera Utara, Senin, 9 Mei 2022 di Gedung Binagraha Pemprovsu Jl. Pangeran Diponegoro 21 A Medan.

Acara tersebut dihadiri berbagai pihak, baik dari unsur instansi vertikal, OPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, OPD Pemerintah Kabupaten/Kota, Para Akademisi, BUMN, BUMD, asosiasi, lembaga masyarakat dan para pemangku kepentingan, dalam rangka membahas kebijakan pemerintah terkait dengan langkah-langkah dan program yang dilaksanakan dalam rangka percepatan digitalisasi ekonomi di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumatera Utara.

Acara yang berlangsung selama setengah hari tersebut, dilaksanakan secara hybrid, diawali dengan Laporan Ketua Panitia Pelaksana Tarsudi SP., MSi Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara, yang dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara, Dr. Ir. Hasmirizal Lubis, MSi, yang dirangkai dengan Launching Portal Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Digital Ekomi (DIGINOMI) Provinsi Sumatera Utara.

Pada sesi paparan narasumber yang hadir langsung secara offline Bapak Azka Subhan A. selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov Sumut yang memaparkan tentang kebijakan Bank Indonesia dalam pemanfaatan digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia. Bapak Riza Damanik, Staf Khusus Menteri bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan yang memaparkan materi tentang Transformasi Digital Koperasi dan UMKM dan Bapak Hasnul Arif Rangkuti, Deputi General Manager Telkom Regional I Sumatera Wilayah Telekomunikasi (WITEL) Medan, memaparkan materi tentang Percepatan Pemerataan Infrastruktur Digital dan e-Literasi melalui Bigbox Data Platform).

Sedangkan narasumber yang menyampaikan materi melalui virtual teleconference via zoom meeting, dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI oleh Staf Khusus Menteri bidang Digital dan SDM / Juru Bicara Kementerian Kominfo Bapak Dedy Permadi, yang memaparkan materi dengan rekaman video tapping. Selanjutnya paparan dari Kementerian Pertanian RI yang disampaikan oleh Kepala Balai Besar Mekanisasi Pertanian, Bapak DR.Ir. Agung Prabowo, M.Eng yang menyampaikan topik materi tentang Modernisasi dan Pertanian Cerdas untuk Pertanian Millenial. Dan paparan terakhir dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang disampaikan oleh Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Bapak Muhammad Neil El Himam, M.Sc dengan judul materi Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Digital.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya Jawab dari para peserta yang hadir langsung dan dari peserta yang hadir melalui virtual teleconference.

Acara ditutup oleh Kabid Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara Tarsudi SP., MSi.



.


Tarsudi

Tarsudi

Kepala Bidang Perencanaan Ekonomi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Bappeda Provinsi Sumatera Utara

Previous Dukung Digitalisasi Pertanian, Telkom Hadirkan Agree

Leave Your Comment

Connect With Us

Alamat: Bappeda Provinsi Sumatera Utara Jl. Pangeran Diponegoro 21-A Medan

Diginomi © 2022. All Rights Reserved